Kamis, 27 Januari 2011

New Treatment - Electro-desiccation

Terima kasih sebelumnya, untuk masukan dari salah satu teman kita untuk kontribusi informasi berikut, untuk teman-teman yang lain, ditunggu kontribusi teman-teman yah..

SEMOGA BERMANFAAT..
______________________________________________________________________

NEUROFIBROMATOSIS terbagi atas dua tipe yaitu NF 1 dan NF 2. Tiap type memilki teatment yg berbeda. Bagaimana cara membedakan NF1 dan NF 2??

NF 1 disertai gejala seperi ini:
Dua atau lebih Neurofibroma pada atau di bawah kulit atau satu neurofibroma plexiform (sekelompok besar tumor yang melibatkan beberapa saraf); Neurofibroma adalah benjolan bawah kulit yang merupakan ciri khas dari penyakit dan peningkatan jumlah dengan usia.
Freckling dari pangkal paha atau ketiak (arm pit).
Café au lait spot (pigmen, makula coklat muda terletak pada saraf, dengan tepi halus tanda lahir).
Kelainan rangka, seperti displasia sphenoid atau penipisan korteks tulang panjang tubuh (tulang yaitu kaki, berpotensi menghasilkan membungkuk kaki)
Lisch nodul (hamartomas iris), freckling di iris.
Tumor pada saraf optik, juga dikenal sebagai glioma optik.
Macrocephaly dalam 30-50% dari populasi anak
Epilepsi (kejang)

Treatment dengan plastic surgery hanya akan mengangkat tumornya saja,padahal sebagaimana kita tau NF adalah penyakit genetik yg artinya "kesalahan" berada pada bagian kromosom (bagian koding manusia) bukan di bagian luar. Treatment yang dapat dilakukan adalah terapi yg ditemukan oleh Dr weinberg yang disebut sebagai Electro-desiccation.

Dalam Electro-desiccation, arus listrik digunakan untuk mengeringkan atau mengeringkan dan membunuh jaringan neurofibroma. Treatment ini menggunakan pisau jenis kauter dengan titik tipis dan menjalankan arus melalui neurofibroma tersebut, memgeringkan dan membunuh fibroma. Teknik ini kurang invasif dibandingkan dengan metode penghapusan tradisional bedah (dengan cara konvensional ini biasanya neurofibroma akan muncul lagi dan lagi).

Prosedur Electro-desiccation biasanya dilakukan pada pasien rawat jalan atau dasar berjalan. Hal ini sering dilakukan dalam satu atau dua jam. Bius lokal dapat digunakan ketika menghapus cluster tumor dari area kecil dari tubuh, tetapi anestesi umum diperlukan untuk penyerapan di daerah yang lebih besar dari kulit. Operasi biasanya tanpa rasa sakit dan karena anestesi pasien baru umumnya pulang dalam satu atau dua jam. Sangat sedikit pasien yang benar-benar membutuhkan obat analgesik atau nyeri pasca operasi. Ini biasanya tidak sakit, tetapi mungkin gatal jadi kita akan menggunakan obat untuk menanggulangi hal tersebut.


NF 2
neuromas akustik bilateral (tumor dari saraf vestibulocochlear atau saraf kranial 8 (CN VIII) juga dikenal sebagai schwannoma) sering menyebabkan gangguan pendengaran. Bahkan, ciri khas NF 2 adalah gangguan pendengaran akibat neuromas akustik sekitar usia dua puluh.

Tumor yang tumbuh dapat menyebabkan:
sakit kepala, masalah keseimbangan dan vertigo perifer, karena schwannoma dan keterlibatan dari telinga bagian dalam.
wajah kelemahan / kelumpuhan akibat keterlibatan atau kompresi pada saraf wajah (saraf kranial 7 atau CN VII)
pasien dengan NF2 juga dapat mengembangkan tumor otak lainnya, serta tumor tulang belakang.
Tuli dan Tinnitus.
opacity Juvenile lenticular posterior [1]

dari gejala yg nampak pada NF 2 biasanya perawatan diserahkan pada dokter THT dan bedah saraf ;)
___________________________________________________________________________

Semoga Membantu, bagi yang memiliki Masalah NF1, prosedur Electro-desiccation dapat ditanyakan ke dokter anda..

1 komentar:

queens saragoza mengatakan...

thanks bgt share'y.. aq share bole yaaa... ;)